Sabtu, 24 Agustus 2019

Ini Dia Perbedaan Outing, Outbound dan Gathering. Anda Harus Tahu!

| 17.29 |
outing outbound gathering di gravity
Outbound bersama Gravity (doc: Gravity Adventure)

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya outing, outbound maupun gathering. Ya, kata-kata ini kerap disebutkan oleh banyak orang. Banyak yang menganggap bahwa ketiga jenis kegiatan ini sama.

Padahal acara ini sangatlah berbeda. Mereka memiliki definisi masing-masing dengan kegiatan masing-masing pula.

Lantas, apa perbedaan outing, outbound dan gathering itu?

Perbedaan outing, outbound, dan gathering yang harus Anda tahu

Nah, bagi Anda yang ingin tahu perbedaannya sehingga lebih mudah dalam membedakan, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Outing

Apa itu outing? Outing merupakan sebuah program yang berisikan kegiatan yang dilakukan oleh pihak umum, sekolah maupun perusahaan. Program ini bersifat menyenangkan atau bisa disebut juga dengan rekreasi di alam terbuka.

Adapun tujuan dari outing sendiri digunakan untuk meningkatkan keakraban serta dijadikan sebagai sarana hiburan. Di dalam outing, biasanya kegiatan yang dilakukan biasanya berisikan permainan yang ringan dan tidak terlalu berat baik fisik maupun emosional.

Beberapa contoh kegiatan yang dilakukan dalam outing seperti karaoke, jalan-jalan, bakar jagung, menginap di villa, pergi ke pantai, ke gunung maupun ke tempat rekreasi lainnya.

Intinya kegiatan yang dilakukan dalam outing tidak terstruktur dan bebas. Yang pasti tujuannya agar hati dan pikiran kembali fresh dengan kegiatan yang menyenangkan namun tidak berat.

2. Outbound

Apa itu outbound? Jika outing mengunjungi tempat-tempat rekreasi, maka lain halnya dengan outbound. Outbound merupakan sebuah kegiatan yang digelar oleh komunitas maupun perusahaan yang bersifat lebih edukatif.

Adapun permainan yang biasanya dimainkan dalam permainan ini seperti brain games, permainan strategi, fun games, team building, ice breaking dan masih banyak lainnya. Karena ia bersifat edukatif, saat ini outbound sering dilakukan di sekolah-sekolah.

Karena sering dimainkan di sekolah, karena itu jenis permainan yang diselenggarakan juga disesuaikan dengan usia peserta.

Biasanya adanya outbound digunakan untuk melatih kemandirian siswa, selain itu juga digunakan untuk menumbuhkan nilai empati, kepemimpinan, komunikasi dan juga kesabaran.

Adapun tujuan dari adanya outbound ini adalah agar para peserta outbound setelah melakukan outbound akan menjadi lebih baik. Misalnya saja anak menjadi lebih bertanggung jawab, kreatif dan juga lebih disiplin.

3. Gathering

Perbedaan outing, outbound dan gathering terletak pada definisi dna kegiatan yang dilakukan. Di atas sudah dijelaskan mengenai outing dan outbound.

Lantas, apa itu gathering?

Gathering adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh komunitas perusahaan, keluarga besar yang biasanya dilakukan di suatu lokasi baik di dalam maupun di luar ruangan.

Acara gathering biasanya memiliki tema di dalamnya. Adapun tema ini sudah disepakati oleh setiap anggota yang gathering. Tujuan dari acara gathering biasanya sebagai ajang untuk menjalin tali silaturahmi dan mempererat persaudaraan.

Meskipun demikian, biasanya di acara gathering juga disisipkan acara outbound baik dalam bentuk permainan maupun program wisata.

Adapun bagi secara umum, acara gathering dibagi menjadi tiga jenis lagi. diantara ketiga jenis tersebut sebagai berikut:

● Gathering Karyawan

Sesuai dengan namanya, gathering ini ditujukan untuk para karyawan dengan tujuan untuk menambah keakraban dengan para atasannya. Biasanya perusahaan yang mengadakan acara ini adalah perusahaan yang besar dimana mereka sudah memiliki banyak divisi.

Dalam acara gathering ini sering disisipkan acara outbound yang digunakan untuk mengisi kegiatan dalam gathering.

● Gathering Pelanggan

Para pelanggan setia dari suatu perusahaan juga sering diajak gathering lho. Gathering ini diberi nama gathering pelanggan. Tujuan dari acara ini adalah untuk memperkenalkan pihak penyedia jasa maupun produk kepada para pelanggan.

Biasanya acara ini sering disebut dengan kopi darat. Adapun acara ini biasanya diselenggarakan oleh perusahan telekomunikasi, perbankan maupun media. Dalam acara ini biasanya kegiatannya diisi dengan hal-hal menarik seperti doorprise, penarikan undian, maupun launching dari suatu produk tertentu.

● Gathering Keluarga

Sesuai namanya, berarti gathering ini pesertanya adalah keluarga besar, biasanya gathering ini dilakukan untuk membangun hubungan kekeluargaan baik di keluarga rumah maupun keluarga perusahaan.

Karena bersifat kekeluargaan, maka peserta dari acara gathering ini juga biasanya besar. bahkan acara ini juga diikuti dari berbagai kalangan usia. Karena itulah gathering ini sangat menarik dan membutuhkan persiapan yang khusus.

Bagaimana? Apakah Anda kini sudah tahu perbedaan outing, outbound dan gathering? Ketiga acara ini sebenarnya hampir sama namun kegiatan yang dilakukan berbeda. Semoga informasi ini bisa membantu.

Baca juga:
Paket outbound Lembang 2 hari 1  malam ini bikin WOW
Tempat outing Bandung, nikmati liburan Anda dengan menentang adrenalin

Setelah mengethui perbedan ketiga jenis istilah outing,outbound, dan gathering, saatnya Anda melihat-lihat paket outbound Lembang yang sangat bermanfaat bagi perusahaan, lho!
Back to Top