Minggu, 15 September 2019

9 Tips Ampuh Cara Supaya Karyawan Betah Bekerja

Karyawan Perusahaan pic dari pxabay

Karyawan merupakan aset utama dari sebuah perusahaan. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus bisa meningkatkan kinerja serta produktivitas dari setiap karyawan yang Anda miliki.

Namun, bukan hanya itu yang bisa menjadi perhatian Anda, ada pula perhatian lain yang benar-benar harus Anda perhatikan dengan baik, yakni betah atau tidaknya karyawan saat bekerja di bawah kepemimpinan Anda.

Tentu saja, suatu perusahaan yang sering bergonta-ganti karyawan dalam jangka waktu dekat akan mengganggu kinerja dari perusahaan tersebut.

Sebagai seorang pemimpin, Anda diharuskan untuk lebih peka terhadap setiap situasi yang terjadi. Lalu, bagaimana cara supaya karyawan betah bekerja?

Ini dia 9 tips ampuh agar karyawan betah bekerja dengan Anda

Nah, bagi Anda yang memiliki permasalahan tersebut, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat karyawan betah bekerja dengan Anda.

Sebetulnya banyak cara membuat karyawan menjadi memiliki rasa sense of belonging terhadap perusahaannya, cara termudah adalah denagn memberikan fasilitas outbound dan gathering kepada mereka paket meeting dan outbound di lembang bandung.

1. Bangun Kepercayaan Antar Karyawan

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah dengan membangun kepercayaan antar karyawan satu dengan yang lainnya.

Tak cukup sampai disitu saja, bahkan sebagai seorang pemimpin, Anda juga harus membangun kepercayaan kepada setiap karyawan yang ada. Dengan percaya satu sama lain, akan membantu kinerja dari perusahaan bisa berjalan dengan baik.

2. Ingatkan Tujuan Mereka Bekerja

Tidak sedikit karyawan yang lama-kelamaan akan merasa bosan dan malas untuk bekerja. Nah, jika Anda sudah melihat tanda-tanda yang satu ini, segera berikan motivasi untuk karyawan-karyawan Anda dan ingatkan kembali kepada mereka bahwa tujuan mereka adalah untuk bekerja bukan bermalas-malasan.

3. Tidak Mencampurkan Unsur Politik dan Budaya dalam Perusahaan

cara supaya karyawan betah bekerja berikutnya ialah dengan tidak mencampurkan urusan politik di dalamnya. Dalam sebuah perusahaan, terdiri atas beberapa orang yang tentu saja memiliki pandangan politik yang berbeda.

Oleh karena itu, jangan pernah mencampurkan urusan politik apalagi budaya di dalamnya, hal tersebut karena sangat rentan untuk terjadi gesekan antara satu orang dengan yang lainnya.

4. Jam Kerja yang Fleksibel

Jam kerja yang selalu monoton akan membuat karyawan menjadi lebih cepat stress dan akhirnya mengundurkan diri dari perusahaan.

Oleh karena itu, sebagai seorang pemimpin Anda harus bisa membuat jam kerja menjadi lebih fleksibel. Akan tetapi, hal tersebut tentu saja dibutuhkan sebuah pengorbanan yang cukup besar.

Namun, semua itu kembali kepada keberhasilan perusahaan yang sedang Anda pimpin saat ini.

5. Jadilah Seorang Pemimpin yang Baik

Menjadi pemimpin yang baik sudah pasti bisa membuat karyawan betah bekerja dengan Anda. cara supaya karyawan betah bekerja bisa dibilang sebagai cara yang paling ampuh untuk membuat perusahaan tidak mudah bergonta-ganti karyawan.

Nah, yang dimaksud dengan pemimpin yang baik ialah bagaimana cara Anda memimpin dan berinteraksi dengan semua karyawan yang ada di perusahaan.

6. Berikan Fasilitas yang Sesuai

Dengan adanya fasilitas yang sesuai tentu saja akan membuat karyawan semakin betah dan nyaman saat bekerja dengan Anda. Namun, pastikan juga bahwa fasilitas yang Anda berikan tersebut tidak membuat mereka malah menjadi malas untuk melakukan pekerjaan.

7. Beri Ruang Kreativitas Bagi Para Karyawan

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memberikan kesempatan bagi para karyawan untuk menyalurkan ide serta kreativitas yang dimilikinya.

Tak hanya itu, Anda juga harus mendukung secara penuh kreativitas dan ide yang disampaikan kepada Anda. Namun, jika ide-ide tersebut dirasa kurang pas, Anda bisa memberikan masukan yang baik kepada para karyawan.

Salah satu cara membuat kreatif karyawan adalah dengan mengoutboundkan mereka, misalnya saja dengan paket outbound gravity. Silahkan kunjungi juga manfaat outbound training bagi perusahaan.

8. Buatlah Suasana Menjadi Lebih Kondusif

Membuat suasana kantor menjadi lebih kondusif merupakan salah satu cara supaya karyawan betah bekerja terbaik yang bisa Anda lakukan.

Buatlah komunikasi yang baik antar Anda dan karyawan, serta antar karyawan yang satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, suasana kantor pun akan menjadi lebih menyenangkan.

Baca juga,
Rekomendasi tempat outbound di Bandung bagi perusahaan dan karyawan
Pahami perbdaan outing outbound dan gathering

9. Berikan Apresiasi Kepada Para Karyawan

Siapa sangka jika apresiasi yang Anda berikan kepada para karyawan hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja dan membuat mereka merasa lebih betah untuk berada di perusahaan tersebut.

Mungkin Anda tidak langsung memberikan sebuah apresiasi dalam bentuk barang yang mewah atau langsung naik jabatan. Anda bisa memuji kinerja mereka dan tetap memberikan motivasi dan memberikan semacam training program untuk karyawan Anda.

Itu dia beberapa cara supaya karyawan betah bekerja yang bisa Anda lakukan untuk membuat para karyawan bisa lebih betah bekerja bersama dengan Anda.

Nah, semoga tips ini bermanfaat dan dapat membantu meningkat kinerja perusahaan.
Back to Top