Senin, 10 Mei 2021

Inilah 7 Permainan Outbound Anak yang Seru

| 08.43 |
Permainan outbound merupakan salah satu hal yang sangat digemari oleh anak-anak. Oleh karena sedang dalam masa pertumbuhan, kebanyakan anak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain. Baik itu bermain sendiri atau secara berkelompok. 

Namun, yang paling bagus adalah jika anak-anak bisa bermain secara berkelompok. Hal ini bisa membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Salah satu permainan yang bisa dilakukan secara berkelompok dan bisa membangun kerjasama serta komunikasi yang baik adalah permainan outbound anak. 

Selain memiliki banyak manfaat outbound juga bisa meningkatkan kecerdasan anak. Nah, berikut beberapa ulasan mengenai permainan outbound anakyang bisa dilakukan di luar ataupun di dalam ruangan. 

Contoh Permainan Outbound Anak SD

Contoh Permainan Outbound Anak SD
Contoh Permainan Outbound Anak SD (kaliwatu.co.id)

Untuk meningkatkan jiwa sosial dan kerjasama tim yang bagus antar anak. Permainan yang cocok untuk anak SD contohnya adalah berjalan di atas tali. Cara bermainnya yaitu dengan berjalan di atas tali tanpa jatuh. Jika salah seorang dari tim tersebut jatuh maka tim tersebut dinyatakan kalah. 

Permainan Outbound Untuk Anak Paud 

Nah, untuk melatih kerjasama yang baik antar anak. Game yang cocok dilakukan oleh anak paud adalah game pipa bocor. Cara bermainnya yaitu dengan salah satu anggota tim memasukan air ke dalam pipa yang sudah berisi bola. 

Permainan Outbound Untuk Anak Paud
Permainan Outbound Untuk Anak Paud (paudalirsyadpwt.sch.id)

Sedangkan anggota tim yang lain menutup lubang pada pipa. Setelah itu, salah satu anggota tim harus mengisi air hingga penuh dan bola tersebut jatuh ke tanah. Tim yang mampu menjatuhkan bola terlebih dahulu adalah pemenangnya. 

Permainan Outbound Sederhana Untuk Anak 

Salah satu game yang sangat digemari oleh anak-anak dan bisa menumbuhkan sikap percaya diri adalah game joget balon. Permainan ini sangat sederhana dan bisa dilakukan dimana saja.

Permainan Outbound Sederhana Untuk Anak
Permainan Outbound Sederhana Untuk Anak (Cermin Jaya Perkasa)

Cara bermainnya pun sangat simpel, yaitu dengan cara memberikan satu balon kepada dua anak. Kemudian letakkan balon tersebut di dada atau punggung kedua anak tersebut. Lalu setel musik dan anak harus bergoyang tanpa menjatuhkan balon tersebut. Apabila balon jatuh, maka tim tersebut dinyatakan kalah dan anggotanya wajib dihukum.

Permainan Outbound Sederhana Untuk Anak TK

Game yang sederhana dan sangat recommended untuk anak tk adalah game kapal pecah. Cara memainkannya sangat mudah yaitu dengan menyediakan beberapa koran yang diletakkan di bawah. Kemudian, setiap anggota harus berdiri di atas koran hingga penuh. 

Permainan Outbound Sederhana Untuk Anak TK (dejogjaadventure com)
Permainan Outbound Sederhana Untuk Anak TK (dejogjaadventure.com)

Apabila ada salah satu anggota yang tidak mendapatkan tempat di koran yang sudah tersedia. Maka anggota tersebut berhak mendapat hukuman. Cara menghukumnya pun dengan mencoret mukanya menggunakan bedak atau dengan membuat aksi lucu. 

Permainan Outbound Untuk Anak SD Kelas 6

Kelas 6 merupakan dimana saat anak sedang berada pada masa pubertas dan sedang pusing-pusingnya memikirkan ujian. Oleh karena itu, anak kelas 6 harus diberi beberapa permainan yang menghibur dan menyenangkan tentunya. Permainan outbound anak yang cocok untuk kelas 6 SD adalah tarik tambang lumpur. 
Permainan Outbound Untuk Anak SD Kelas 6 (pwmu co)
Permainan Outbound Untuk Anak SD Kelas 6 (pwmu.co)

Cara memainkannya yaitu seperti tarik tambang biasa namun kali ini tarik tambangnya di area yang berlumpur. Aturan mainnya sama dengan tarik tambang pada umumnya. Hanya saja tarik tambang lumpur ini harus memiliki konsentrasi yang lebih dan kerjasama tim yang baik. 

Games Outdoor Untuk Anak SD

Games Outdoor Untuk Anak SD (lasopareviews145weebly com)
Games Outdoor Untuk Anak SD (lasopareviews145.weebly.com)

Permainan yang bisa dilakukan di luar ruangan oleh anak SD yaitu permainan tiup bola. Alat yang perlu disediakan adalah gelas yang penuh dengan air dan bola. Cara bermainnya hanya dengan setiap anggota tim harus baris kemudian meniup bola yang ada di atas permukaan air pada gelas secara bergantian. Tim yang tercepat ialah pemenangnya.

Outbound Anak Sekolah

Permainan yang bisa dilakukan oleh anak sekolah adalah main pindah karet. Cara bermainnya yaitu dengan menyediakan bolpoin dan beberapa karet kemudian setiap anggota menggigit bolpoin. Setelah itu, setiap anggota harus memindahkan karet melalui bolpoin tersebut hingga sampai ke barisan yang terdepan. 
Outbound Anak Sekolah (sekolahalamjogja wordpress com)
Outbound Anak Sekolah (sekolahalamjogja.wordpress.com)

Tim yang paling cepat memindahkan karet ke barisan yang terdepan adalah pemenangnya. Dan tim yang kalah bisa dihukum dengan cara melakukan suatu aksi yang bisa menghibur teman yang lain. Atau bisa juga dengan dicoret mukanya menggunakan bedak. 

Outbound merupakan suatu kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Manfaatnya sangat banyak salah satunya bisa menjadikan anak lebih tangkas dan aktif. Selain itu dengan melakukan permainan outbound anak merasa lebih senang dan gembira, sehingga proses tumbuh kembangnya akan lebih baik.  

Oya baca juga,

Back to Top