Minggu, 06 Oktober 2019

Materi Menerapkan Komunikasi di Tempat Kerja untuk Komunikasi dan Interaksi yang Lebih Baik

| 13.39 |
Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan produktivitas dari perusahaan itu sendiri, lihat post cara memotivasi karyawan untuk meningkatkan produksi, dibutuhkan sebuah komunikasi yang baik antara karyawan dengan pimpinan atau antara karyawan yang satu dengan karyawan lainnya.

Dengan menerapkan komunikasi yang baik, hal tersebut dapat membantu meningkatkan kinerja dari para karyawan. Bahkan, hal tersebut juga memberikan pengaruh yang sangat besar dalam sebuah perusahaan. Sehingga terjadi simbiosis mutualisme, perusahaan sayang karyawan senang.

6 Materi Menerapkan Komunikasi di Tempat Kerja untuk Komunikasi dan Interaksi yang Lebih Baik

Lalu, bagaimana cara menerapkan komunikasi dan interaksi yang baik kepada setiap karyawan yang ada di tempat kerja dalam perusahaan?

Ini adalah salah satu cara supaya karyawan betah bekerja, jadi adanya komunikasi yang harmonis diantara sesama karyawan atau karyawan dengan atasan.

Nah, di bawah ini ada penjelasan mengenai beberapa materi menerapkan komunikasi di tempat kerja yang bisa Anda lakukan. Apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya.

1. Murah Senyum

1 gambar orang tersenyum

Senyum menjadi salah satu bentuk komunikasi yang sangat berpengaruh dalam hubungan antar karyawan yang satu dengan yang lainnya.

Dengan tersenyum, hal tersebut dapat membantu Anda bisa dipandang lebih positif. Selain itu, senyum juga akan membuat komunikasi yang Anda lakukan menjadi lebih efektif.

Tak heran, senyum yang Anda berikan kepada karyawan lain akan menjadikan komunikasi menjadi lebih lancar dan juga lebih nyaman.

2. Menerima Berbagai Macam Masukan

2 gambar menerima masukan berdiskusi

Tentu saja, di dalam dunia kerja ada banyak sekali tipe orang dengan berbagai macam latar belakang yang mereka miliki. Salah satu cara untuk menjaga komunikasi antar satu orang dengan yang lainnya ialah dengan menerima setiap masukan yang ada. Dalam meeting, misalnya.

Ego yang Anda miliki justru akan membuat suasana kantor menjadi semakin panas. Oleh karena itu, dengan lebih terbuka dan mau menerima kritikan atau masukan yang dilayangkan oleh orang lain akan membuat interaksi yang ada di dalam sebuah perusahaan juga menjadi lebih baik.

Tak cukup sampai disitu saja, bahkan materi menerapkan komunikasi di tempat kerja satu ini juga bisa membuat diri Anda menjadi lebih baik karena Anda bisa lebih terbuka dan menerima setiap kritikan yang ditujukan kepada diri Anda sendiri.

3. Jadilah Orang yang Humoris dan Menyenangkan

3 gambar tertwa pixabay

Tentu saja, orang yang lebih humoris akan lebih disenangi oleh karyawan lainnya. Tak hanya itu, cara yang satu ini juga bisa menjaga komunikasi dan mempererat tali persaudaraan antar karyawan.

Dengan menjadi orang yang humoris dan menyenangkan pastinya akan memberikan banyak sekali keuntungan terhadap diri Anda sendiri. Seperti contoh, ketika Anda membutuhkan pertolongan dari karyawan lain, tentu mereka tidak akan segan untuk membantu Anda dan menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

So, jadilah orang yang humoris dan menyenangkan, walaupun seperti anak kecil.

4. Melakukan Presentasi dengan Cara Visual

4 gambar orang presentasi

Materi menerapkan komunikasi di tempat kerja berikutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan presentasi dengan cara visual. Cara yang satu ini tentu diterapkan saat Anda disuruh untuk melakukan sebuah presentasi.

Pakailah sebuah ilmu, ‘gunakan satu gambar untuk menjelaskan 1000 hal. Ilmu yang satu ini dianggap jauh lebih efektif dan ampuh untuk menjalin komunikasi dengan karyawan lain saat Anda sedang melakukan sebuah presentasi.

Hal tersebut karena otak manusia akan lebih responsf terhadap sebuah gambar yang ditayangkan ketimbang tulisan. Tak hanya itu, Anda juga harus menggunakan kalimat yang bisa dipahami oleh para pendengar saat melakukan sebuah presentasi.

5. Sesuaikanlah Antara Perkataan dan Perbuatan

5 gambar orang banyak berbicara

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan menyesuaikan perkataan Anda dengan perbuatan yang Anda lakukan. Memang, cara yang satu ini cukup sulit untuk diterapkan.

Namun, jangan membuang waktu berharga Anda dengan hanya membual saja. Curi perhatian pimpinan Anda untuk dengan hasil yang bisa pamerkan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan nilai plus tersendiri baik di mata pimpinan ataupun karyawan lainnya.

Menarik untuk dilihat:
Lokasi outbound di lembang
Paket outbound lembang untuk perusahaan klien lebih dari 40.000

6. Berikan Feedback yang Baik

6 gambar orang mendengarkan pendengar

Saat ada orang lain yang sedang berbicara dengan Anda, maka Anda harus mendengarkannya dengan baik. Bukan malah mengacuhkan lawan bicara Anda dan mengabaikannya. Setelah Anda memberikan feedback yang baik, langkah berikutnya ialah dengan memberikan respon yang baik pula.

Jika Anda melakukan hal tersebut, tentu ini akan menjadi nilai positif bagi diri Anda sendiri di mata orang lain.

Demikian materi menerapkan komunikasi di tempat kerja yang bisa Anda terapkan untuk bisa menjaga komunikasi antar karyawan. Semoga penjelasan ini bisa memberikan manfaat bagi Anda. Outbound Bandung
Back to Top