Sabtu, 17 Agustus 2019

Ini Dia 5 Materi Outbound Training yang Harus Diajarkan

| 17.17 |
Ini Dia 5 Materi Outbound Training yang Harus Diajarkan

Dalam sebuah permainan outbound training, ternyata setiap kegiatan yang dilakukan ini tidaklah asal dan sembarangan. Namun ada materi yang sangat penting dan di dalamnya terdapat aspek yang akan menambah kecakapan setiap individu yang mengikuti outbound ini.

Berbicara soal materi, sebenarnya apa saja si materi outbound training yang sampaikan kepada para peserta outbound. Tujuan dari pemberian materi ini adalah untuk mengasah sifat dan kemampuan dari para peserta untuk lebih peka dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Nah, biasanya outbound training sendiri dilaksanakan di luar ruangan. Tujuannya adalah agar para peserta tidak akan mengalami sebuah ketegangan dan juga kepenatan dalam aktivitas sehari-hari selama bekerja.

Dengan adanya outbound juga akan mengajarkan para peserta tentang arti sebuah kebersamaan dan juga mengenali potensi lain yang dimiliki oleh dirinya sendiri. Untuk mengetahui potensi ini dilakukan dengan berbagai tantangan yang tersedia dalam outbound.

Tidak hanya itu saja, para peserta juga akan diberikan materi sebagai suatu bekal untuk menghadapi pekerjaan selanjutnya. Materi yang diberikan juga tidaklah sembarangan. Materi ini digunakan untuk mengasah kemampuan mental maupun fisik dari para peserta.

Materi Outbound Training yang Diajarkan di Outbound Gravity

Ini dia  materi outbound training yang harus Anda tahu

Nah, bagi Anda yang ingin tahu apa saja materinya, kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai materi yang disajikan dalam outbound training. Mau tahu apa saja, berikut ulasannya.

1. Komunikasi

Materi pertama dalam outbound training yang disampaikan kepada para peserta adalah komunikasi. Pada materi ini, para peserta outbound akan disuguhkan dengan permainan yang sangat menarik dan tentunya tidak membosankan.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk melatih komunikasi sesama anggota tim, sehingga dalam hal ini nantinya bisa menciptakan rasa saling percaya, kerja sama terhadap sesama rekan kerja dalam sebuah tim tersebut.

2. Ice Breaking

Pada saat outbound akan dimulai, tentunya para peserta outbound akan merasa tegang. Mereka akan penasaran dengan permainan outbound yang akan diselenggarakan. Nah, untuk menghilangkan rasa tegang, maka dibutuhkanlah ice breaking.

Tujuannya adalah untuk memecahkan suasana yang sebelumnya tegang menjadi lebih cair. Dalam sesi ini biasanya digunakan untuk perkenalan dan saling sapa antara satu peserta dengan peserta lainnya agar lebih akrab.

3. Team Building

Building team adalah sebuah permainan yang mengharuskan para peserta untuk bermain bersama dengan team. Tujuannya adalah untuk menciptakan kerja sama dan rasa yang saling mendukung.

Tidak hanya itu saja, materi ini juga memiliki tujuan lan yakni untuk meningkatkan komunikasi serta membangun sebuah tim yang kompak dan solid. Dengan demikian, tim tersebut dapat menyelesaikan semua permasalahan dan tantangan dengan baik.

4. Game Kompetisi

Dalam sebuah outbound training, biasanya ada materi outbound training tentang game kompetisi. Ini adalah sebuah game yang membutuhkan tim untuk berkompetisi dengan sportif.

Untuk menyelesaikan setiap tantangan permainan, maka setiap tim harus memiliki strategi yang tepat. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kemampuan antara individu maupun antar kelompok dengan sebaik mungkin.

5. Menyelesaikan Masalah

Materi selanjutnya dalam outbound training adalah materi tentang menyelesaikan masalah. Jadi, di sini para peserta akan diajarkan bagaimana cara menyelesaikan masalah yang benar. Di sini tidak hanya materi tentang masalah saja, namun cara peserta juga akan diberikan cara mengatasi setiap masalah tersebut.

Di sini, para peserta akan diberikan materi tentang memilih sebuah informasi yang relevan. Tidak hanya itu, mereka juga akan disuruh untuk membuat analisis serta membuat keputusan untuk menemukan sebab dari munculnya suatu masalah tersebut.

Dengan demikian, proses menyelesaikan masalah akan lebih terarah dan bisa terselesaikan dengan baik. Jika para peserta sudah bisa sampai ke tahap ini, hal ini menandakan bahwa para peserta sudah bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

Baca juga:
7 manfaat outbound training bagi seorang karyawan
Nikmati liburan yang menantang adrenalin di tempat outing Bandung

Outbound Training Gravity Outbound

Setiap materi outbound training yang disuguhkan dalam acara outbound tentunya memiliki tujuan yang sangat baik untuk para peserta. Tujuan ini tentunya berkaitan dengan kompetensi diri serta potensi yang dimiliki oleh setiap peserta agar bisa lebih berkembang.

Oleh karena itu, dalam pemberian materi harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan benar. Nah, bagi Anda para peserta outbound, ada baiknya jika dalam proses pemberian materi Anda benar-benar memperhatikannya dengan serius, sebab semua itu akan bermanfaat.

Untuk itu gravity menyediakan paket outbound lembang yang pastinya mencakup semua materi outbound training di atas.
Back to Top