Sabtu, 17 Agustus 2019

7 Manfaat Outbound Training Bagi Seorang Karyawan

| 12.09 |
Outbound Training Indonesia Power Up Suralaya Gravity Adventure

Salah satu kegiatan yang menyenangkan, penuh semangat dan tentunya menyehatkan adalah outbound. Biasanya, sebuah perusahaan kerap mengajak semua karyawannya untuk outbound bersama.

Bahkan, ini menjadi program yang wajib untuk diikuti. Sebenarnya, apa sih manfaat outbound training itu? Dalam dunia kerja, outbound training ternyata memiliki banyak manfaat. Biasanya hal ini dilakukan sebagai bentuk untuk merefresh para karyawan agar lebih semangat dalam bekerja.

Ini manfaatnya outbound training yang harus Anda tahu!

Melihat banyak perusahaan yang mengadakan outbound training di perusahaannya, apa sih manfaat diadakan outbound ini. Bagi Anda yang penasaran dengan manfaatnya, yuk langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1.Meningkatkan Kemampuan Aktualisasi Karyawan

Tahukah Anda jika bermain outbound juga bisa meningkatkan kemampuan aktualisasi para karyawan lho. Hal inilah yang nantinya akan menciptakan sebuah kontribusi yang lebih positif terutama untuk kemajuan dari perusahaan.

Outbound Training Indonesia Power Up Suralaya Gravity Adventure

2.Melatih Kerja Sama Tim

Dalam outbound, setiap orang akan dikelompokkan menjadi satu secara acak dan tidak bisa memilih. Di sini, setiap tim akan memiliki misi masing-masing yang mana setiap misi tersebut harus diselesaikan dengan baik.

Nah, untuk menyelesaikan sebuah misi dengan baik, tentunya dibutuhkan kerja sama tim yang baik pula. Para peserta dipaksa untuk saling bahu membahu demi bisa menyelesaikan setiap misi yang tersedia. Dari sinilah kerja sama tim akan diajarkan dalam permainan outbound.

3.Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Manfaat outbound training selanjutnya adalah untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan. Pasalnya, beberapa permainan yang disediakan dalam acara outbound menuntut seseorang untuk memecahkan masalah. Dari sinilah jiwa kepemimpinan akan mulai terasah dengan kemampuan tersebut.

4.Melatih Kemampuan Menganalisa

Setiap orang harus memiliki kemampuan yang seimbang antara otak kiri dengan otak kanan. Kedua kemampuan ini harus digunakan dengan tepat, salah satunya untuk menganalisa.

Sebab, saat kemampuan otak kanan dan kiri ini bisa seimbang. Maka seseorang akan lebih mudah dalam mengambil sebuah keputusan yang bijak. Salah satu cara untuk melatih kemampuan analisa adalah dengan bermain outbound.

5.Mengerti Pentingnya Kebersamaan

Dari outbound training juga akan mengajarkan Anda tentang bagaimana pentingnya sebuah kebersamaan. Akhir-akhir ini manusia memiliki jiwa individualisme yang lebih tinggi dan cenderung tidak peduli dengan orang lain.

Namun, dalam permainan outbound seseorang akan dituntut untuk terus bersama dengan timnya dalam menghadapi setiap tantangan yang ada. Dari sinilah pentingnya kebersamaan akan dinilai.

Sebab, rasa peduli terhadap sama dan kebersamaan ini sangat penting bagi seorang karyawan. Terutama untuk menjalin komunikasi yang baik antara satu karyawan dengan karyawan yang lainnya.

6.Meningkatkan Kedewasaan Seseorang

Tidak hanya itu saja, manfaat lain dari outbound training adalah untuk meningkatkan kedewasaan seseorang. Mengapa demikian, sebab dalam satu tim terdapat banyak kepala yang berbeda.

Sedangkan setiap kepala memiliki pola pikir yang berbeda pula. Bagaimana caranya untuk menyikapi setiap pola pikir yang berbeda ini untuk kompak dan menjadi satu. Hal inilah yang membutuhkan kedewasaan yang tinggi dalam sebuah tim.

Jika dalam tim hanya mementingkan ego sendiri, maka tim tersebut tidak akan berjalan dengan baik dan tidak akan bisa menyelesaikan setiap tantangan dengan baik pula.

7.Menjadi Sarana untuk Refreshing

Ini adalah manfaat yang paling penting dalam sebuah outbound training bagi seorang karyawan. Outbound training dimanfaatkan oleh karyawan sebagai salah satu ajang untuk refreshing.

Dimana dalam acara ini para karyawan tidak akan memikirkan pekerjaan pada saat outbound. Hal inilah yang menjadi salah satu cara untuk merefresh otak agar otak siap kembali untuk bekerja.

Dalam acara outbound, semua hal yang dilakukan juga hal-hal yang bersifat menyenangkan. Dalam acara ini semua orang akan tertawa dan merasa happy. Bahkan tidak ada satupun yang mengingat pekerjaan yang belum terselesaikan.

Outbound Training Indonesia Power Up Suralaya Gravity Adventure

Dalam sebuah pekerjaan acara outbound training ini memberikan banyak manfaat. Manfaat outbound training ini sangat besar bagi para karyawan yang sudah jenuh dengan berbagai aktivitas kantor yang sama dan melelahkan.

Karena itulah penting dan wajib diadakan minimal satu tahun sekali bagi sebuah perusahaan untuk mengadakan outbound training. Anda bisa melihat paket oubound lembang terbaik di sini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.
Back to Top