Kamis, 23 September 2021

Permainan Kekompakan Team, Bosan Dengan Suasana Kantor? Yuk, Coba Perminan Ini!

| 09.06 |

Bermain merupakan suatu kegiatan yang bisa menenangkan pikiran dan tentu membuat suasana lebih happy. Bukan hanya anak-anak saja yang suka dengan permainan asyik tapi, remaja dan orang dewasa juga sangat menyukainya. 

Salah satu permainan yang biasanya dilakukan oleh banyak orang adalah outbound, juga permainan kekompakan team. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari sini ialah membuat suatu kinerja team lebih kompak. Kegiatan ini juga sangat disenangi oleh banyak orang. Tak heran jika suatu instansi rela menyewa jasa outbound untuk mengisi acara permainan kekompakan team. 

Namun, untuk menciptakan suasana yang ramai dan gembira sebenarnya tidak perlu modal yang banyak. Hanya saja Anda perlu lebih kreatif dan inovatif dalam membuat permainan yang akan dilakukan. Nah, berikut beberapa ulasan mengenai beberapa permainan kekompakan team yang bisa Anda lakukan. 

Permainan Kekompakan Team Tanpa Alat

Semua permainan yang menggunakan alat sangat menggembirakan dan menyenangkan. Akan tetapi game tanpa alat juga tak kalah serunya lho. Nah, salah satu game yang bisa dilakukan tanpa menggunakan alat adalah game tebak gaya. 

Permainan Kekompakan Team Tanpa Alat

Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa ti yang terdiri dari 7-10 anggota. Kemudian setiap team baris berbanjar. Setelah itu, anggota team yang berada di paling belakang harus berbalik  badan dan mendengarkan instruksi. 

Jika sudah, orang tersebut harus memperagakan gaya sesuai dengan instruksi pada orang berikutnya atau orang yang berada di depannya. Lakukan secara berantai hingga sampai pada anggota yang paling depan. Saat orang yang paling depan sudah mengetahui gaya yang diperagakan. Orang tersebut harus menebaknya dengan benar. 

Apabila tebakkan orang tersebut salah, maka team tersebut dinyatakan kalah. Nah, team yang kalah inilah yang pasti mendapat hukuman. Yang berupa tantangan atau membuat aksi untuk menghibur team yang menang.

Game Outbound Kelompok

Nah, untuk menciptakan kekompakan antar team Anda bisa mencoba permainan yang satu ini. Ya, permainan bencana alam. Cara bermainnya cukup mudah yaitu dengan menggunakan tiga orang setiap team-nya. Yang dua orang menjadi pohon dan satu orang menjadi tupai. 

Apabila instruktur berkata banjir, maka tupai harus berpindah  ke pohon yang lain. Jika instruktur berkata badai maka pohon harus berpindah tempat. Dan jika instruktur berkata tsunami, maka orang yang menjadi tupai berubah jadi pohon dan sebaliknya. Apabila ada yang tidak memiliki pasangan, orang tersebutlah yang mendapat hukuman. 

Permainan Teamwork Outdoor

Bermain di luar ruangan tentu lebih seru bukan? Salah satu game yang bisa dilakukan di luar ruangan adalah game pecah balon. Cara bermainnya cukup mudah yaitu setiap team yang terdiri dari 5 orang atau lebih harus memecahkan balon yang berisi air tanpa menggunakan alat apapun. 

Bosan Dengan Suasana Kantor Yuk Coba Beberapa Permainan Kekompakan Team Ini

Team yang tercepat dan mampu memecahkan balon lebih banyak maka team itulah pemenangnya. Sedangkan team yang kalah tentu harus dihukum. Cara menghukumnya bisa dengan dicoret mukanya. Ataupun dengan melakukan aksi lucu untuk menghibur team yang menang. 

Game Teamwork Sederhana 

Banyak sekali permainan yang bisa dilakukan salah satunya adalah permainan tiup bola. Cara memainkannya yaitu dengan menyediakan gelas plastik yang diisi air dan bola plastik. Kemudian setiap anggota team harus berbaris di belakang gelas yang sudah disusun. 

Game Teamwork Sederhana

Arung Jeram Ini Bikin Adrenalin Anda Ambyar

Setelah itu, setiap anggota team tersebut harus meniup bola tersebut dari satu gelas ke gelas yang lain. Team yang paling cepat memindahkan bola hingga gelas terakhir, itulah pemenangnya. Sedangkan team yang kalah tetap harus dihukum.

Game Outbound Kerjasama 

Permainan dalam outbound sangat banyak dan bisa dilakukan dimana saja. Di luar ruangan atau pun di dalam ruangan. Nah, salah satu permainan kekompakan team yang dilakukan di luar ruangan adalah bola loncat. 

Cara bermainnya yaitu semua team berbaris di belakang garis start. Kemudian setiap anggota secara berurutan harus memindahkan bola dari ember start ke ember yang berada di garis finish. Dengan cara bola tersebut diapit di antara paha. 

Lalu, pemain tersebut loncat-loncat sampai ke ember yang berada di garis finish. Lakukan hingga barisan terakhir. Team yang mengumpulkan bola terbanyak dalam waktu yang sudah ditentukan, maka itulah pemenangnya. 

Baca juga: Konsep Outbound Leadership

Demikian beberapa penjelasan mengenai beberapa permainan kekompakan team. Yang bisa dilakukan oleh siapa saja dalam suatu kelompok. Selain menyenangkan game seperti ini juga memiliki manfaat yang sangat berguna untuk kemajuan suatu team kerja. Salah satunya adalah bisa membuat suatu team lebih giat dan kompak dalam bekerja.  


Back to Top