Inilah Konsep Outbound Leadership yang Harus Anda Ketahui

| 09.43 |

Pemimpin adalah seseorang yang harus mampu memberikan contoh yang baik kepada semua anggota yang dipimpinnya. Selain itu, pemimpin juga harus bisa memberikan perintah yang tepat untuk semua anggota. 

Nah, untuk membentuk sikap kepemimpinan agar bisa dimiliki oleh setiap orang salah satunya yaitu dengan melakukan kegiatan yang membangun. Seperti outbound yang bisa membentuk kerja sama tim yang baik serta bisa melatih seseorang menjadi pemimpin.

konsep outbound kepemimpinan

Sebelum melakukan kegiatan tersebut, tentu Anda harus mengenal tentang manfaat dan konsep outbound leadership. Nah, untuk lebih jelasnya yuk, simak beberapa ulasan berikut mengenai konsep hingga manfaat outbound. 

Konsep Outbound Leadership Dasar

Diruntut dari sejarahnya, kegiatan yang sering dilakukan di alam terbuka ini bisa membuat seseorang melupakan kepenatan dan ketegangan dari rutinitasnya, sehingga setelah melaksanakan kegiatan ini, peserta bisa lebih segar kembali dalam melakukan aktivitasnya. 

Kata outbound berasal dari bahasa Inggris yang merupakan nama dari sebuah program yaitu Outward Bound School. Penemu atau pendiri kegiatan ini adalah Kurt Hahn yang meninggal pada tahun 1974.  Namun, karyanya tersebut masih hidup sampai saat ini. 

Beliau lebih menekankan tercapainya tujuan dari permainan ini. Daripada melatih fokus dengan cara fleksibel yang bisa dilakukan pada kegiatan ini. Agar mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan outbound. Berikut beberapa materi yang wajib ada dalam setiap rangkaian kegiatan:

- Ice breaking

- Komunikasi

- Team building

- Penyelesaian masalah 

- Game kompetisi.

Team building


Perencanaan Kegiatan Outbound

Agar kegiatan outbound bisa berjalan dengan lancar, sebelum melakukannya Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya. Bukan hanya itu, Anda juga harus merencanakannya dengan matang. Nah, berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat akan melaksanakan kegiatan ini. 

1. Menetapkan Target atau Tujuan 

Sebelum melaksanakan kegiatan ini, Anda harus menetapkan target atau tujuannya terlebih dahulu. Misalnya tujuan diadakan kegiatan ini untuk apa? Apakah untuk mengasah kebersamaan, kekompakan atau yang lainnya. 

2. Menentukan Lokasi Kegiatan 

Setelah menetapkan tujuan dari kegiatan tersebut, selanjutnya Anda harus menetapkan lokasi atau tempat yang akan digunakan untuk melaksanakan outbound. Jika Anda akan melakukan kegiatan ini di luar ruangan, pilihlah tempat yang luas seperti lapangan atau sejenisnya. 

Apabila kegiatan ini akan dilakukan di dalam ruangan, maka yang harus Anda lakukan adalah mencari ruangan yang luas dan bisa muat orang banyak. Misalnya gedung atau aula. Hindari tempat yang kecil karena, kegiatan ini sulit dijalankan jika ruangannya terlalu sempit.

3. Menyiapkan Alat

Hal yang perlu disiapkan selanjutnya adalah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan outbound. Agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, segala peralatan yang akan digunakan harus sudah dipersiapkan jauh hari sebelum kegiatan dilakukan. 

Yuk, liburan seru dengan arung jeram di bandung

Hal ini ditujukan agar kegiatan yang akan dilakukan ini bisa berjalan dengan lancar. Serta tujuan dari melaksanakan outbound juga bisa tercapai. Bukan hanya itu saja, peralatan juga bisa menambah keramaian dan keseruan pada setiap permainan yang akan dilakukan. 

4. Menyiapkan Tim Instruktur

Instruktur merupakan seseorang yang bisa menjadi pemimpin suatu permainan yang terdapat dalam outbound. Orang yang dipilih menjadi tim instruktur tidak asal pilih dan tidak sembarang orang. Setidaknya orang yang akan dipilih tersebut harus memiliki beberapa ciri sebagai berikut:

- Memahami rancangan permainan untuk mengungkap perilaku manajemen

- Memiliki kompeten dalam bidang ilmu manajemen, dinamika kelompok dan ilmu psikologi

- Memiliki kemampuan observasi dan kemampuan komunikasi yang baik

- Menguasai masalah teknis pelatihan termasuk dalam masalah safety

- Menarik dan berwibawa.

Manfaat Outbound

Selain kegiatan ini sangat menarik dan menyenangkan. Outbound juga memiliki manfaat yang sangat banyak untuk setiap anggotanya, salah satunya adalah untuk melatih komunikasi yang baik diantara peserta. Nah, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat melakukan kegiatan:

- Lebih tangkas

- Melatih jiwa kepemimpinan 

- Melatih kekompakan 

- Melatih konsentrasi

- Dapat mencairkan suasana yang tegang

- Dan masih banyak lagi.

kekompakan

Baca juga, permainan outbound anak yang sangat seru

Nah, seperti itulah beberapa penjelasan mengenai konsep outbound leadership. Untuk Anda yang tertarik melakukan kegiatan ini. Alangkah baiknya jika memahami konsep yang terkandung dalam pelaksanaan Outbound. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin melaksanakan kegiatan outbound.


Back to Top