Rabu, 21 Agustus 2019

Outbound Training Program, Jenis dan Tujuannya Bagi Peserta

Outbound Training Program Suralaya bersama Gravity
Outbound Training Program Suralaya (doc: Gravity Adventure)

Salah satu hal yang paling menyenangkan dan dinantikan oleh para karyawan perusahaan setiap tahunnya adalah outbound training program. Ini adalah salah satu acara perusahaan yang menyenangkan dan memiliki tujuan untuk merefresh pikiran untuk kembali siap bekerja.

Adapun pelatihan outbound sendiri merupakan sebuah kekuatan fisik yang biasanya dilakukan di alam terbuka. Adapun tujuannya adalah untuk melatih para peserta agar mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang berkaitan dengan sikap profesionalisme para pesertanya.

Hal ini disesuaikan dengan sifat yang mendasar pada setiap Individu. Diantara adalah aspek relief, aspek trust dan juga aspek komitmen.

5 Jenis outbound training program yang dilakukan

Adapun outbound training program yang dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Leadership

leadership - outbound training program (pixabay)
Ilustrasi Leadership (pixabay.com)

Apa itu leadership adalah jiwa kepemimpinan. Jadi, di sini para peserta dituntut untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Bagaimana caranya, caranya adalah dengan menggunakan permainan.

Adapun permainan leadership ini dirancang sedemikian rupa dimana setiap peserta akan mendapatkan pelajaran menjadi seorang pemimpin. Nah pemimpin ini harus mempengaruhi yang lainnya, memberikan motivasi serta dapat mengarahkan sehingga suatu tujuan bisa tercapai.

Adapun dalam kegiatan ini juga memiliki misi diantara adalah untuk merencanakan pencapaian tujuan, mampu memberikan motivasi kepada orang, membagi tugas dan juga koordinasi yang baik.

Dalam outbound training program ini, para peserta akan diberikan fasilitator dan instruktur yang ahli dan juga sudah berpengalaman ada bidangnya. Mereka juga memiliki kemampuan dan keterampilan terutama dalam hal keamanan di alam yang bebas dengan baik.

2. Motivation to Achievement

motivasi - outbound training program (pixabay)- outbound training program (pixabay)
Ilustrasi Motivation to achievement (pixabay.com)

Motivation to achievement atau motivasi berprestasi adalah suatu daya dalam sebuah mental manusia untuk dapat melakukan suatu kegiatan yang lebih cepat, lebih baik, lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan kegiatan yang sebelumnya.

Adanya pelatihan ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan semangat dan vitamin dalam mencapai sebuah prestasi kerja yang lebih maksimal. Terutama dalam hal berkontribusi dalam kemajuan individu maupun perusahaan.

3. Personal Development

personal deveopment- outbound training program (pixabay)
Ilustrasi Personal development (pixabay.com)

Personal development merupakan suatu kegiatan pelatihan yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan seorang individu dalam hal berkomunikasi, self management, dan juga mengembangkan mental sehingga memiliki jiwa positif yang bisa diharapkan.

Adapun misi dari aspek ini adalah untuk disiplin, menciptakan pribadi yang unggul serta positive thinker. Baca juga, manfaat outbound training bagi karyawan perusahaan.

4. Service Excellent

service execellent- outbound training program (pixabay)
Ilustrasi service execellent (pixabay.com)

Setiap perusahaan diharuskan harus bisa melayani semua pelanggannya dengan baik dan sempurna. Sehingga, nantinya para pelanggan tidak akan merasa kecewa dan selalu merasa setia dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Adapun pelatihan ini digunakan untuk membangun sebuah pelayanan di dalam jiwa karyawan sehingga nantinya para karyawan dapat memberikan pelayanan yang profesional dan memuaskan. Adapun misi dalam program ini adalah untuk memahami pentingnya pelanggan, untuk memahami sikap profesional dan untuk memahami kebutuhan pelanggan.

5. Hypnoterapi

hypnoterapi - outbound training program (pixabay)
Ilustrasi dari pixabay.com

Apa itu hipnoterapi? Hipnoterapi adalah suatu terapi pikiran yang dilakukan dengan cara hipnotis. Tujuannya adalah untuk merealisasikan supaya bisa memasuki alam bawah sadar dan akhirnya bisa diberikan suatu sugesti. Baca juga, 5 materi outbound training yang harus Anda tahu.

Dalam tahapan ini ketika seseorang sudah dalam kondisi yang rileks, maka proses terapi akan dimulai. Adapun misi dalam program ini adalah untuk mengantarkan individu untuk bisa mencapai posisi yang diimpikan.

Jadi tunggu apalagi? Segera daftarkan perusahaan Anda untuk mengikuti outbound training program bersama Gravity dalam paket outbound lembang terbaik kami.
Back to Top